Program Critical Language Scholarship (CLS)

Critical Language Scholarship atau yang biasa disebut CLS merupakan program beasiswa bagi mahasiswa Amerika yang ingin belajar suatu bahasa dan budaya secara intensif minimal 20 jam/minggu. Program yang didanai oleh Pemerintah Amerika dan diimplementasikan oleh American Councils ini dilaksanakan di beberapa negara. Pembelajaran bahasa tersebut dibagi menjadi beberapa level, mulai dari level pemula hingga mahir.

Program CLS bagi mahasiswa Amerika yang ingin belajar bahasa dan budaya Indonesia  ditempatkan di BIPA Universitas Negeri Malang (UM) dan sudah berlangsung sejak tahun 2010 selama musim panas, yaitu bulan Juni—Agustus. Selama delapan minggu tersebut, pembelajaran yang diikuti mahasiswa dilaksanakan di dalam maupun di luar kelas. Kegiatan di dalam kelas, meliputi kelas bahasa dan kelas elektif sedangkan kegiatan di luar kelas, meliputi kegiatan tutorial dan kelas ekskursi.

Kelas elektif dan ekskursi merupakan kelas yang berfungsi untuk mengenalkan budaya Indonesia yang tampak (tangible culture). Pertama, kelas elektif. Dalam kelas elektif, mahasiswa bisa memilih  kelas tari, gamelan, kuliner, pencak silat, dangdut, atau batik sesuai dengan minatnya. Kelas elektif bertujuan agar mahasiswa mampu berinteraksi menggunakan bahasa Indonesia dalam bidang-bidang yang diminati. Kedua, kelas ekskursi. Dalam pelaksanaan kelas ekskursi, mahasiswa mengunjungi tempat-tempat yang menunjang pembelajaran di dalam kelas. Selain itu, di Malang mereka tinggal di rumah keluarga asuh.

Informasi lebih lengkap, silakan kunjungi: https://clscholarship.org/

Überarbeite deine inhaltsangabe überprüfe, ob die inhaltsangabe nicht zu bachelorarbeit schreiben lassen legal ausführlich ist, ggf.