Program In-Country Universitas Walailak 

Program In-country merupakan program university to university (u to u) kerja sama antara Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Walailak, Thailand. Program ini sudah berlangsung sejak tahun 2010. Dalam pelaksanaannya, program yang diikuti oleh mahasiswa jurusan ASEAN Studies ini dilangsungkan selama satu semester mulai dari bulan Desember hingga Mei. Awalnya, dalam sekali pelaksanaannya, program ini pernah berlangsung selama tiga bulan dan empat bulan. Mulai tahun 2016, program ini dijalankan selama enam bulan.

Sebelumnya, kerja sama antara Universitas Walailak dan Universitas Negeri Malang berlangsung sejak 2009. Hal itu berkaitan dengan proyek pembuatan kamus bahasa Thailand-Indonesia dan bahan ajar BIPA. Setelah itu, ditindaklanjuti dengan program pengiriman mahasiswa jurusan Sastra Indonesia pengampu mata kuliah BIPA ke Universitas Walailak pada tahun 2015 dan berlangsung hingga kini.

Berbeda dengan program BIPA yang lainnya di UM, mahasiswa yang mengikuti program In-Country juga melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) layaknya mahasiswa regular. KKN yang dilaksanakan selama 2—3 minggu di pedesaan ini bertujuan agar mahasiswa tidak hanya memahami bahasa yang digunakan di dalam kelas saja, tetapi juga mengetahui ragam bahasa Indonesia yang digunakan di luar kelas. Selain itu, mereka juga bisa merasakan kehidupan sesungguhnya di pedesaan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi

Laman web: https://engsla.wu.ac.th/?page_id=50

Narahubung: Pensri Panich, M.Pd. (penseri.panich@gmail.com)