Program The Indonesian Overseas Program (IOP)

Program IOP merupakan salah satu program kerja sama antara BIPA-UM dan American Councils. Program yang diawali pada tahun 2015 ini sedikit berbeda dengan program lain yang sama-sama kerja sama antara BIPA-UM dengan American Councils. Mahasiswa yang mendaftar untuk belajar bahasa dan budaya Indonesia di program ini memberikan uangnya ke American Councils, jadi bukan merupakan beasiswa penuh. Program ini biasanya dilangsungkan selama musim gugur (Januari—Mei) dan/atau musim semi (Agustus—Desember). Terkadang, ada mahasiswa yang memilih program pembelajaran selama enam bulan saja atu satu tahun sekaligus.

Sama halnya dengan program BIPA-UM lainnya, pembelajaran kelas bahasa dilaksanakan secara intensif 20 jam/minggu. Akan tetapi, kelas budaya yang terlaksana hanyalah kelas ekskursi. Kelas elektif tidak bisa terlaksana karena jumlah minimal peserta kelas ini tidak memenuhi syarat minimal. Sama halnya dengan program-program lain, kelas ekskursi dilaksanakan setiap dua minggu sekali dan biasanya mengunjungi tempat-tempat yang berunsur budaya dan tempat-tempat yang sesuai dengan topik pembelajaran di kelas bahasa.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi: https://www.americanCouncils.org/programs/indonesian-overseas-program

Narahubung: Vladka Sikova

A hangout on the air is a google hangout that is broadcast on youtube dissertationowl.com both through your google+ page and youtube itself.